Winai Dahlan Paparkan Kisah Irfan Dahlan Anggota Muhammadiyah dan Anak KH Dahlan yang Pindah ke Thailand

    Winai Dahlan Paparkan Kisah Irfan Dahlan Anggota Muhammadiyah dan Anak KH Dahlan yang Pindah ke Thailand

    MAKASSAR – Cucu dari Kh. Ahmad Dahlan sekaligus Direktur The Halal Science Center Chulalongkorn University, Thailand, Assoc. Prof. WInai Dahlan berbagi kisah tentang dirinya, lembaga halal dan kisah orang tuanya di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

    Agenda kunjungan dilakukan Winai Dahlan ke Unismuh Makassar pada, Rabu (5/7) diterima secara langsung oleh Rektor Unismuh Makassar, Prof. Ambo Asse beserta jajaran di Ruang Senat Unismuh, Gedung Iqra lantai 17.

    Winai Dahlan menjelaskan tentang rumor yang selama ini beredar, yang menyebut Irfan Dahlan ayahnya yang juga anak dari Kiai Dahlan itu merupakan pengikut Ahmadiyah. Menurut Winai itu tidak benar sebab. Meskipun sempat menimba ilmu di India, tetapi Irfan Dahlan tetap anggota Muhammadiyah.

    “Jadi ayah saya bukan Ahmadiyah, dia adalah anggota Muhammadiyah sejati, ” tegas Winai.” Ungkap Winai Dahlan.

    Winai Dahlan menambahkan, bahwa saat itu Irfan Dahlan – ayahnya, hanya menimba ilmu di lembaga pendidikan di India, sebagaimana muslim lain yang menimba ilmu di luar negeri seperti di Eropa, Amerika termasuk juga Timur Tengah.

    Sebagaimana diketahui, Irfan Dahlan merupakan salah satu anak muda yang dikirim oleh Muhammadiyah untuk belajar di Lahore India. Irfan Dahlan bersama anak-anak muda Muhammadiyah yang lain menuntut ilmu di Ahmadiyya Anjuman Ishaati Islam Lahore.

    Namun ketika akan pulang ke Indonesia, situasi politik tanah air sedang tidak stabil, situasi tersebut juga turut dirasakan oleh Muhammadiyah. Oleh karena itu, Irfan memutuskan untuk tidak pulang ke Indonesia dan memilih menetap di Thailand. 

    Di sana ia bertemu dan menikah dengan gadis keturunan Jawa, yang merupakan anak dari imam masyarakat Jawa yang ada di Thailand. Bahkan Irfan Dahlan di Thailand juga mendirikan Yayasan Islam yang berlandaskan falsafah Muhammadiyah. Yayasan tersebut dilanjutkan oleh Winai Dahlan.

    “Saya sangat senang sekali dapat berkunjung dan bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Makassar. Ini sesuai dengan pesan orang tua saya, Irfan Dahlan, agar saya kembali ke Muhammadiyah dan berkolaborasi dengan Unismuh Makassar. Ini adalah pesan dari orang tua yang saya jalankan, ” ungkapnya.

    Kedatangan Profesor yang sekaligus 500 Muslim Berpengaruh di Dunia ini ke Unismuh Makassar juga membuka kerja sama antara Chulalongkorn Universitas dengan Unismuh Makassar, khususnya dengan The Halal Science Center.

    winai dahlan irfan dahlan muhammadiyah kh dahlan thailand the halal science center chulalongkorn university unismuh prof. ambo asse
    Updates.

    Updates.

    Artikel Sebelumnya

    Dr. Ing. Ilham Habibie: International University...

    Artikel Berikutnya

    Pidato Politik Anies Baswedan

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Kepala Rutan Blora Serahkan Penghargaan kepada Pegawai Berprestasi Periode Triwulan II
    Kepala Rutan Blora Serahkan Penghargaan kepada Pegawai Berprestasi Periode Triwulan II
    Lapas Permisan Selesai Ikuti Cilacap UKMKM Expo 2024
    Ikuti Cilacap UKMKM Expo 2024, Lapas Permisan Perkenalkan Produk Hasil WBP
    Produk Unggulan Lapas Permisan dalam Cilacap UKMKM Expo 2024

    Ikuti Kami